Total Tayangan Halaman

Jumat, 04 Maret 2011

IPB-Pegadaian Bentuk Laboratorium Keuangan Mikro

Bogor, (tvOne)

Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Perum Pegadaian membentuk laboratorium keuangan mikro sebagai upaya mengembangkan model usaha yang dibiayai dari lembaga keuangan tersebut.
Juru Bicara IPB Henny Windarti, di Bogor, Sabtu, menjelaskan, kerja sama tersebut telah dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor IPB Dr Ir Herry Suhardiyanto, M.Sc dengan Direktur Utama (Dirut) Perum Pegadaian, Chandra Purnama.
Dengan kerja sama dimaksud, kata dia, ke depan usaha mikro yang banyak jumlahnya di berbagai daerah di Indonesia bisa mendapatkan akses yang mudah untuk pembiayaan usaha yang mereka geluti.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama IPB Dr Ir Anas Miftah Fauzi, M.Eng menambahkan bahwa melalui laboratorium yang akan dibangun itu, IPB akan mengembangkan model usaha yang bisa dibiayai dari lembaga keuangan mikro seperti yang selama ini dilakukan oleh Perum Pegadaian.
Ia mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ramalan 2012 yakni siklus 24 dari apa yang disebut "Badai Matahari".
"Dalam siklus itu, yang terjadi adalah kita akan mengalami kemarau panjang selama sebulan bulan sehingga kita harus mengantisipasi dan harus ada langkah-langkah keuangan mikro itu," katanya.
Sementara itu Chandra Purnama mengatakan bahwa Perum Pegadaian mempunyai tekad untuk menjadi yang terdepan dalam pembiayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia.
"Dunia sudah berubah, artinya yang besar tidak bisa mengalahkan yang kecil namun yang cepat bisa mengalahkan yang lambat," kata Anas Miftah Fauzi.
Atas kerja sama itu, cendekiawan muda Nahdlatul Ulama (NU) Bogor, Ahmad Fahir menilai bahwa yang paling esensial dari lembaga pembiayaan mikro adalah memudahkan akses bagi UMKM untuk mendapatkan pembiayaan tanpa persyaratan yang menyulitkan.
"Selama ini banyak skema pembiayaan mikro, namun tidak sedikit pelakunya masih mengeluhkan akses untuk permodalan semacam itu," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar